D.E.M.A.M..(Silakan di Baca)

Pekan ke-2 blok tropical medicine..

Pagi ini setelah pre test (duww…ancur banget!! Mana belajarnya minim banget..tapi berkat kerja sama dengan teman-teman, smua terasa mudah. Hayah?! Semoga nilai kita kompakan yah? ^_^……) langsung lanjut kuliah..

Kuliah pertama dapet makul fisiologi….dengan materi yang benar2 interest

” PATOFISOLOGI DEMAM” alias mekanisme terjadinya demam tubuh.

Hwuaaa…..??!!!

apalagi yang ngajar adalah “mami” (he….maaf dok! saking sayangnya kami dengan anda)

tambah-tambah bersemangat…(lama tidak bersua..kangennnnn OPE!!) dosen penguji OPE ini emang bener2 pinter, masih muda tapi titllenya dah M, Biomed!! Ckckckckck salutttthhhh…

 

Eummmm…..bukan hal baru c sebenarnya bahas soal materi kali ini…

why?

karena dari semester2 awal juga udah mesti tau tentang mekanisme demam itu sendiri karena dimana-mana demam jadi warning dari tubuh kita ketika tubuh menerima serangan dari bala tentara mikroorganisme.

tapi yang bikin beda…adalah more info yang disampaikan beliau….

up to date euy!!! (soalnya banyak banget yang belum saya ketahui sebelumnya)

emang apa aja c…???

 

info pertama :

1. sering dengar kan, kenapa anak kecil (usai dibawah 1 th – 3 th) itu sering banget hangat tubuhnya atau bahkan kita anggapnya itu demam?

kenapa…? ternyata pada anak usia tersebut otak masih terus berkembang dan dengan demikian, fungsi termoregulatornya  (fungsi pengaturan suhu) yang letaknya di otak tepatnya hipotalamus itu masih belum sempurna, jadi suhu inti tubuhnya pun terkadang masih berubah2.

info 2 :

ternyata selama demam itu tubuh masih bisa mengkompensasi/mengasatasi peningkatan suhu itu lhow. kompensasi masih bisa dilakukan tubuh bila peningkatan suhu itu kurang dari 3derajat celsius dari suhu normal tubuh (36-37,5 C). oleh karena itu…sebaiknya bila tubuh kita demam dan setelah diukur dengan termometer ternyata suhunya hanya naik sedikit, menurut saran beliau jangan buru2 diberi obat penurun panas. lhoh kok?? iya..soalnya tubuh masih punya daya kompensasi kok untuk mengatasi ketidak beresan itu, ahsannya dikompres saja dulu. nah kalo panasnya itu sudah benar2 tinggi >3 derajat celcius itu tubuh sudah tidak bisa mengatasinya. disini obat bekerja!

masih kurang yakin? lanjtkan ke info 3 yah…

ternyata pada proses terjadinya demam, dimana tubuh akan mengeluarkan mediator2 kimiawi seperti interleukin 1 dan TNF alfa punya maksud tertentu lhoh.. ke-2 mediator kimiawi itu nantinya akan membentuk antibodi tubuh terhadap kuman yang menyerang tubuh kita. nah..antibodi itu baru akan terbentuk optimal manakala suhu tubuh saat demam itu berada pada suhu 39, 5 C!! jadi…..nyambung dengan info ke 2 kan?? kalo sedikit2 demam langsung main obat..kapan tubuh kita punya kesempatan “membela” dirinya sendiri??? izinkan tentara tubuh itu bekerja dengan segenap kemampuannya..bila tidak mampu, baru kita bantu dengan senjata…yakni obat ^_^

info 4

oiya..kenapa saat demam kita jadi males makan?

itu karena si TNF alfa (mediator kimia) yang dilepaskan oleh tubuh akan merangsang pusat kenyang kita di otak. akibaatnya..kita senantiasa merasa kenyang..dan nafsu makan turun deh….

info 5

saat demam kadang2 jadi sering konstipasi kan? kenapa yah? itu karena demam memasuki fase klimaks?puncak akan merangsang sistem saraf simpatik. nah karena ada perangsangan ini…usus kita akan mengalami penurunan peristaltik, jadi kita cenderung mengalami konstipasi.

 

Udah..segitu dulu share infonya..kalo ada info lagi, insyaALLOH saya tambahkan..

Euummm…yang jelas..kuliah tadi bener2 bisa nambah ilmu (saya khususnya)!

Kuliah kedua…tentang biomolekuler..sebenarnya menarik…

Cuma lebih milih dengerin siaran ta’lim di radio…^_^

 

 

 

 ~ kuliah hari ini…TB anak..eumm…biasa sajah..he…~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: